Sabtu, 14 Juli 2018

Penyebab Ngiler Pada Saat Tidur


Mengeluarkan air liur secara tidak sengaja dikala tidur atau ngiler, acap kali dianggap sebagai tradisi yang memalukan. Apalagi sekiranya terjadi di tempat lazim, seperti di bus atau di kereta. Apabila kau acap kali ngiler dikala tidur, yuk cari tahu sistem menuntaskannya!

Sedangkan kadang memalukan dan mungkin terasa menganggu, ngiler dikala tertidur sebetulnya masih digolongankan sebagai suatu hal yang normal. Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja, termasuk bayi dan lansia. Khusus pada bayi, tradisi ngiler dikala tidur terjadi sebab mereka belum bisa memegang otot-otot di sekitar mulutnya. Sementara pada orang dewasa, ada beberapa hal yang dikenal bisa menyebabkan ngiler dikala tidur.

Sebelum memecahkan tradisi ngiler, ada pantasnya kau mengenal apa saja elemen penyebab ngiler dikala tidur. Gigi berlubang dan infeksi pada rongga mulut, bisa menjadi salah satu penyebab ngiler dikala tidur, sebab umumnya pada situasi ini produksi air liur akan meningkat sebagai format respon tubuh kepada infeksi. Kehamilan juga bisa menyebabkanmu jadi lebih acap kali ngiler dikala tidur, dan akan berkurang kembali sesudah bayimu lahir. Selain kedua hal hal yang demikian, ada beberapa elemen lain yang menjadi penyebab ngiler dikala tidur, antara lain:

Posisi tidur
Dalam situasi terlelap, kau mungkin tidak sadar dikala posisi tidurmu berubah dan menyamping. Posisi tidur menyamping membuat air liur (ngiler)yang ada di dalam mulut mengalir keluar dengan gampang.

Penyakit asam lambung
Penyakit asam lambung (GERD) menyebabkan beberapa asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan. Orang yang mengalami gangguan ini acap kali ngiler secara berlebihan dikala sedang tidur.

Hidung tersumbat
Apabila hidung tersumbat dikala tidur, kau terpaksa bernafas melewati mulut. Nah, dikala mulut sedang terbuka untuk bernafas, air liur akan mengalir dengan gampang keluar dari mulut (ngiler).

Gangguan tidur
Apnea tidur membuat tidurmu tidak nyenyak sebab kau akan stop bernafas selama beberapa dikala dikala sedang terlelap. Gangguan tidur ini juga bisa menyebabkan air liur keluar dari mulut (ngiler).

Efek samping obat
Ngiler dikala tidur bisa dipicu oleh konsumsi obat-obatan, seperti obat kelompok antipsikotik, obat untuk penyakit Alzheimer, juga beberapa variasi antibiotik.

Gangguan otot sekitar mulut
Ngiler dikala tidur juga bisa disebabkan oleh kelainan atau gangguan pada otot dan saraf di sekitar mulut. Kondisi ini menyebabkan otot di sekitar mulut melemah, sehingga produksi air liur meningkat dan sulit menelan. Kondisi ini bisa terjadi semisal pada penderita stroke, ALS, cerebral palsy, sindrom Down, autisme, sampai penyakit Parkinson.

Ngiler mungkin tampak sebagai permasalahan remeh, namun ada pantasnya sekiranya kau berkonsultasi dengan dokter supaya bisa dikenal apa penyebab yang mendasarinya. Sehingga, kau bisa mendapatkan penanganan yang layak sekiranya dibutuhkan, supaya kau tidak perlu lagi merasa minder sebab hal ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Prosedur Menyetor Uang Tunai di ATM Setor Tunai BRI

Berkat kemajuan teknologi, dikala ini transfer uang ke rekening sendiri tidak perlu lagi antre panjang di bank secara konvensional. Cuku...