Jumat, 06 Juli 2018

Mengenali Berbagai Makanan yang Perlu Dibatasi


Daripada linglung memilih kosmetik yang bisa mencegah keriput atau proses penuaan, coba yuk cermati apa yang kamu konsumsi setiap hari. Jangan-jangan isi piring kamu yang membuat tubuh jadi lebih pesat tua. Menawan dan sehatnya warna-warni sayur dan buah di piring kamu akan menonjol pada kulit wajah dan tubuh lho. Sebab, nutrisi dari makanan yang sehat dan segar membuatmu lebih berenergi, memperlambat penurunan metabolisme tubuh, massa otot, dan tenaga tulang. Kecuali itu pola makan sehat bisa membantumu mengelola dan mencegah penyakit kronis, seperti diabetes, kolesterol tinggi, dan tekanan darah tinggi. Ada sebagian variasi makanan yang bisa membuatmu lama-lama menonjol lebih tua dari wajib:

Makanan atau minuman yang mengandung terlalu banyak gula
Sel tubuh cuma bisa memproses gula yang masuk dalam kadar tertentu. Terlalu banyak gula yang masuk, akan menyebabkan kerusakan pada kolagen kulit. Kecuali itu, kelebihan gula ini akan merekat pada mulut dan menyebabkan perubahan warna pada gigi, pertumbuhan kuman, dan gigi berlubang. Yang perlu diingat, bukan cuma minuman manis, makanan dengan kadar gula tinggi biasanya juga kaya karbohidrat yang diproses, seperti roti, pasta, dan kue.

 
Makanan yang digoreng
Segala makanan yang digoreng dalam rendaman minyak, umpamanya kentang goreng atau ayam goreng, bisa menyebabkan peradangan pada tubuh. Makanan gorengan ini biasanya kaya akan lemak trans yang bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat yang membuat kamu lebih berisiko mengalami penyakit jantung.

Daging merah
Daging merah seperti daging sapi memang nikmat. Tetapi, variasi makanan ini sebaiknya diatur karena mengandung radikal bebas yang bisa mengganggu kecakapan kulit untuk memproduksi kolagen. Coba untuk mengganti daging sapi dengan daging ayam untuk opsi yang lebih sehat.

Daging berlemak
Lemak pada daging kaya akan lemak jenuh. Sebaiknya pilih bagian daging yang minim lemak, umpamanya dada ayam.

Daging bakar
Daging bakar, apalagi  yang nyaris hangus, mengandung hidrokarbon yang bisa memengaruhi kolagen pada kulit. Untuk mengurangi risiko, hilangkan atau potong bagian yang daging yang hangus ini sebelum dikonsumsi.

Makanan asin
Sedangkan kamu mungkin telah mengurangi taburan garam dalam masakan, bukan berarti asupan garam terkendali. Terlalu banyak garam bisa membuat tubuh membendung air lebih banyak, sehingga tampilan kulit menjadi sembap. Sebaiknya batasi makanan dalam kemasan dengan tingkat sodium tinggi.

Makanan olahan
Sebagian besar makanan olahan mengandung pengawet dan garam berlebih,  yang bisa mempercepat penuaan dan menyebabkan peradangan pada kulit. Sosis ialah contoh makanan olahan yang tinggi nitrat dan lemak jenuh, yang bisa menyebabkan peradangan.

Minuman mengandung kafein
Figur minuman berkafein ialah kopi. Minuman berkafein membuat tubuh lebih pesat kekurangan cairan, sehingga kulit menonjol kusam. Kecuali itu, terlalu banyak mengkonsumsi kopi dalam bentang panjang bisa merusak permukaan enamel gigi dan mengubah warna gigi.

Minuman mengandung alkohol
Minuman ini bisa membuatmu kehausan dan mengganggu pola tidur. Sedangkan istirahat cukup amat penting untuk memperlambat penuaan. Kecuali itu, terlalu banyak mengkonsumsi minuman alkohol juga membahayakan kesehatan hati, sehingga tidak bisa memecah racun keluar dari tubuh. Hal ini akan menonjol pada kulit yang menjadi pesat keriput ataupun berjerawat. Bukan berarti kamu wajib mencoret segala makanan di atas dari daftar belanjaan. Sebaiknya batasi konsumsinya, kemudian ganti dengan yang lebih sehat.

Mulai sekarang konsumsi makanan kaya nutrisi, sehingga bisa menjaga kamu awet muda dan menjaga kesehatanmu. Kau juga bisa berkonsultasi pada dokter kulit, untuk mendapatkan rekomendasi perawatan yang pas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Prosedur Menyetor Uang Tunai di ATM Setor Tunai BRI

Berkat kemajuan teknologi, dikala ini transfer uang ke rekening sendiri tidak perlu lagi antre panjang di bank secara konvensional. Cuku...